proses siklus kalium :

proses pertama

siklus kalium di mulai ketika kalium tertambat atau kalium yang terdapat di tanah yg berdasarkan hasil penelitian bahwa kerak bumi memiliki kndungan kalium sebesar 2,6 % kemudian mengalami pelapukan dan berubah menjadi ion K atau di sebut Kalium tersedia.

proses kedua ada dua kemungkinan

1. setelah itu ion K akan di absorbsi oleh tanaman yang akan membantu proses fisiologi tanaman seperti fotosintesis atau respirasi sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. jika ada salah satu bagian tanaman gugur atau mati maka akan menjadi humus lalu di uraikan oleh mikroba sehingga ion kalium akan kembali ke tanah.

2. kalium tersedia akan di gunakan oleh mikroba dan di uraikan kembali ke dalam tanah.

proses ke tiga

tanaman akan di makan oleh hewan, kemudian hewan mengeluarkan kotoran yang akan menjadi humus lalu di uraikan kembali oleh mikroba sehingga ion kalium akan kembali ke tanah atau hewan tersebut mati sehingga ion kalium juga akan kembali ke dalam tanah

pasti anda- semua bingung setelah melihat skema kenapa K-tersedia terdapat tanda panah menuju laut..???
jawab nya adalah..

karena unsur kalium pun terdapat di dalam air laut meskipun jumlahnya sedikit,, tetapi di endapan batuan di dasar laut jumalah kalium lebih banyak daripada di air laut.
jadi kalium ini bisa saja di absorbsi oleh hewan laut atau organisme laut lainnya ke dalam sel- sel tubuhnya, setelah hewan atau organisme tersebut mati maka akan menyatu dengan batuan-batuan di dasar laut bersama kalium yang mereka kandung di dalam tubuhnya.